BERITA
  • 05 September 2019
  • 0 Komentar
  • 78 Kali Dilihat
Rakornas Forum E-Government Indonesia 2019

BALI – Rakornas Forum E-Government Indonesia 2019 dengan Tema “Sinergitas Penyelenggaraan E-Government 2020-2024 dilaksanakan di Aston Denpasar Convention Center Bali, 5-6 September 2019. Acara ini merujuk pada PERPRES Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Inti dari Rakornas ini dapat ditranskripsi dalam beberapa bagian penting tentang alasan, arah, dan manfaat E-Government serta pembagian tugas pemerintah Pusat – Provinsi – Kabupaten/ Kota dalam mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dalam sambutannya, Kasubbid Direktorat Aplikasi Telematika Sedi Priagusman menyampaikan bahwa pada intinya RAKORNAS ini membahas sinergi pusat dan daerah dan tim (pusat dan daerah) yang terkait dengan Implementasi PERPRES 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Yang menjadi titik kritis/ faktor penentu keberhasilan implementasi SPBE adalah harmonisasi regulasi teknis di daerah, peningkatan kapasitas aparatur pengampu SPBE secara berkala dan terencana, serta ketersediaan infrastruktur TIK (khususnya dalam aspek konektivitas dan penggunaan aplikasi yang relevan dalam implementasi SPBE). Kedua hal ini agar menjadi perhatian daerah-daerah, mengingat implementasi SPBE akan memiliki dampak pada kualitas layanan publik berbasis digital, penguatan kinerja administrasi pemerintahan serta mendukung secara signifikan dimensi  pencegahan korupsi.